Call Center

Call Center

Tips menghitung kapasitas AC ruangan paling jitu

Tips menghitung kapasitas AC Ruangan paling jitu

Tips Menghitung Kapasitas AC Ruangan Paling Jitu

Bagi Anda yang berprofesi sebagai teknisi tata udara pasti menghitung kapasitas AC ruangan agar sesuai kebutuhan tentu akan sangat mudah. Namun bagi teman-teman yang awam dalam hal pendingin ruangan akan sedikit kesulitan. Terlebih jika Anda baru pertama ingin menggunakan AC.
Dalam pikiran teman-teman pasti akan bertanya-tanya sebaiknya saya menggunakan AC yang berapa PK untuk ruangan seperti ini ? dan saya harus menggunakan AC type apa ya ?

Dalam artikel kali ini kami KARYA GRHA UTAMA AC akan membahas tentang cara menghitung kapasitas AC ruangan, agar nantinya Anda tidak salah memilih ukuran AC yang sesuai dengan kebutuhan. Karena jika sampai itu terjadi, misalnya ukuran AC terlalu kecil, maka ruangan tidak bisa dingin maximal. Begitu sebaliknya, jika ukuran AC terlalu besar maka ruangan tentu akan dingin, namun tentu tagihan listrik kita akan sedikit lebih boros. Tentu hal tersebut akan terasa menjengkelkan dan sedikit kecewa.

Menghitung kapasitas AC ruangan agar sesuai dengan kebutuhan bisa dengan menggunakan rumus, yaitu :

( L x W x H x I x E ) / 60 = Kebutuhan BTU

L = Panjang Ruangan (Dalam Feet)
W = Lebar Ruangan (Dalam Feet)
H = Tinggi Ruangan (Dalam Feet)
I = Nilai 10 jika ruangan berinsulasi (berada di lantai bawah atau terhimpit dengan ruangan lain). Nilai 18 jika ruangan tidak berinsulasi (di lattai atas)
E = Nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap ke utara.
Nilai 17 jika menghadap ke timur.
Nilai 18 jika menghadap ke selatan.
Nilai 20 jika menghadap ke barat.
(1 meter = 3,28 Feet)

Contoh cara menghitung kapasitas AC ruangan dengan rumus diatas.

Ruangan berukuran P x L x T ( 5m x 5m x 4m) atau (16kaki x 16kaki x 13kaki), berinsulasi (lantai bawah), dinding terpanjang menghadap ke utara, maka kebutuhan BTU = (16 x 16 x 13 x 10 x 16) / 60 = 8.874 BTU alias cukup menggunakan AC 1 PK.

Ukuran AC berdasarkan BTU / PK

AC 1/2 PK = ± 5.000 BTU/h
AC 3/4 PK = ± 7.000 BTU/h
AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h
AC 1 1/2 PK = ± 12.000 BTU/h
AC 2 PK = ± 18.000 BTU/h

Sampai disini apakah sudah bisa dipahami ? atau masih ada yang bingung apa itu BTU/h.

BTU/h (British Thermal Unit) adalah satuan energi yang digunakan di Amerika Serikat, biasanya di definisikan per jam kemudian disingkat jadi BTU/h. Pada AC BTU menyatakan kemampuan untuk mendinginkan ruangan dengan luas dan kondisi tertentu selama 1 jam.

Biasanya orang awam untuk menghitung kapasitas AC ruangan dengan menggunakan satuan PK.

PK tersebut merupakan kepanjangan dari Paardekrach dari bahasa belanda artinya tenaga kuda, atau dalam bahasa inggris Horse Power (HP).

Kesimpulan

Menghitung kapasitas AC agar sesuai dengan kebutuhan memang gampang-gampang susah, jadi teman-teman harus teliti betul sebelum memutus untuk membeli AC. Jangan sampai ada kekecewaan setelah teman-teman membeli / memasang AC, karena biasanya AC yang sudah teman-teman terlanjur beli dan dipasang tidak dapat dikembalikan lagi ke toko. Dan bila bisa ditukar pasti akan ada biaya tambahan lagi.

Sekian dulu artikel cara menghitung kapasitas AC ruangan dari saya, semoga dapat membantu teman-teman yang mencari informasi ini. Dan jika teman-teman kesulitan dalam menghitungnya, jangan sungkan hubungi kami, melalui halaman kontak.terima kasih.

Tips menghitung kapasitas AC Ruangan paling jitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*