Home » service ac » Komponen Sistem AC dan Fungsinya

Komponen Sistem AC dan Fungsinya

Komponen Sistem AC

Hai sobat. Kembali lagi bersama kami Karya Graha Utama, kali ini kami akan membahas tentang Pengertian Komponen – Komponen Sistem AC Ruangan dan Fungsinya.

Pasti sobat semua tau apa itu Air Condotioner Atau yang dikenal dengan AC. AC mempunyai beberapa komponen di setiap bagian dan mempunyai fungsinya sendiri – sendiri yang terdiri dari 4 bagian yaitu : komponen utama,komponen pendukung,komponen pendingin dan komponen kelistrikan. Berikut ini penjelasannya.

komponen Sistem AC yang paling utama dan penjelasannya

Kondensor

Menurut Tukang AC Kondensor adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi sebagai penukar kalor, mengubah wujud refrigerant dari bentuk gas sampai menjadi cair, dan menurunkan suhu temperature refrigerant.

Sejumlah kalor yang berada di fefrigerant akan terlepas ke udara degan di bantu kipas motor di AC. Oleh sebab itu udara adalah salah satu media pendingin pada ac

Agar kalor terlepas lebih cepat, maka kondensor di buat secara berliku-liku dan  di lengkapi dengan sirip. maka dari itu sobat harus membersihkan sirip pipa dibagian kondensor harus secara rutin agar kalor tidak terganggu.

Akan tetapi jika sirip pada kondensor sobat kotor makan akan menyebabkan kinerja ac sobat kurang dingin.

Kompresor

Komponen ini merupakan alat yang memiliki fungsi sebagai pusat sirkulasi udara (mengedarkan dan memompa) bahan pendingin atau refrigerant ke seluruh bagian Air Conditioner atau AC. Itu penjelasan dari Tukang AC

Untuk tekanan rendah dan tingginya suatu udara di hasil kan dari kompresor yang membentuk dua daerah tekanan yang berbeda-beda

Pipa Kapiler

Pipa kapiler adalah suatu alat yang memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan refrigerant dan mengatur aliran refrigerant menuju evaporator. Pendapat tukang AC, Fungsi utama dari pipa kapiler sendiri sangatlah berbahaya, karena pipa ini terhubung dengan dua bagian tekanan tekanan rendah dan tekanan tinggi.

Akan tetapi Refrigerant yang bertekanan sangat tinggi sebelum melewati pipa ini maka akan diturunkan atau diubah tekanannya.

Penurunan tekanan pada refrigerant akan mengakibatkan terjadinya penurunan suhu terendah atau dingin.

Evaporator

Fungsi dari evaporator ini adalah untuk mengalirkan dan menyerap panas dari udara dalam ruangan refrigerant. Kata Tukang AC evaporator itu berbentuk cair dari refrigerant akan mengubahnya menjadi gas setelah melalui pipa kapiler.

Komponen Pendukung Yang Terapat Dalam AC

Accumulator

Accumulator berfungsi sebagai penampung sementara refrigerant cair yang bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas dari evaporator.

Strainer

Strainer adalah komponen yang berfungsi sebagai penyaring kotoran atau debu yang terbawa oleh refrigerant di dalam sistem Air Conditioner atau AC.

Blower atau Kipas

Blower atau kipas ini berfungsi untuk mensirkulasikan udara di dalam ruangan sehingga udara yang berada di ruangan dapat bersirkulasi melalui evaporator.

Minyak Pelumas Kompresor

Komponen ini juga berfungsi sebagai pendingin kompresor agar tidak terjadi panas dan bergesekan dengan bagian-bagian di dalam kompresor.

Refrigerant atau Bahan Pendingin

Refrigerant atau bahan pendingi yang berbentuk zat di sebuah sistem AC, berkerja untuk menyerap panas dari dalam ruangan sehingga udara di dalam ruangan agar tetap dingin dan sejuk.

Komponen Kelistrikan

Komponen kelitrikan ini memiliki 4 bagian yang diantaranya adalah:

  • PCB Kontrol
  • Thermistor
  • Overload
  • Kapasitor
  • Mode Listrik

Demikian  ulasan dari kami tentang komponen-komponen AC, semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Percayakan Service AC & Sewa AC  pada kami.

Segera Hubungi kami, kami akan selalu memberikan hasil yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *